Jumat, 26 Juli 2013

Cara menDAMAIkan hamster



Buat pecinta hewan kecil ini pasti akan pusing kalau hamster2 kesayangannya pada brantem, apalagi buat newcomer d dunia perhamsteran seperti saya.
Walaupun kecil – kecil gitu kalo udah gigit bisa sakit juga, makanya serem liat pertengkaran antar hamster.
Dulu hamster ku juga sering berantem, ampe luka dan bulu – bulunya rontok. Tapi sekarang mereka udah baik2 aja, udah bisa aku satuin d dlm kandang yang sama. So sweet dan moment yang sangat menyentuh bgt menurutku (terdengar lebay tapi emang gitu kenyataannya)
Di sini aku mau share apa yang bisa kamu lakukan buat mendamaikan hamter2 yang kamu pelihara. Satu hal yang perlu diingat, cara ini hanya berlaku untuk hamter yang beda jenis (read: jantan – betina). Karena biasanya hamster cewek dan hamster cewek atau sebaliknya birokrasi bwt damainya lebih susah. Hahaahaaa
Yang dibutuhkan waktu kita akan menggabungkan hamster adalah:
1.      Mental
Apa hubungannya dengan mental? Aku jawab tentu saja ada. Kemungkinan hamster berkelahi sampe terluka itu sangat besar. Bahkan terkadang menimbulkan kematian bagi sang hamster. Maka dari itu pemilik hamster perlu mempersiapan mental untuk berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi selama proses penggabungan hamster – hamster ini.
2.      Keberanian
Hamster yangs edang berkelahi biasanya melancarkan gigitan – gigitan serius pada lawannya. Jadi saat kita berusaha untuk melerai, tidak jarang tangan/jari kita yang menjadi korban. Dan jangan tanyakan rasanya, euhhmmm lumayan nyeri buat ukuran luka ringan. Untuk yang sangat takut menjadi korban gigitan bisa juga menggunakan kayu untuk melerai hamster yang sedang berkelahi. Tapi usahakan kayu itu tidak melukai sang hamster.
3.      Perlengkapan
Perlengkapan yang diperlukan tidak mahal kok, cukup 2 buah kandang utnuk tempat isolasi hamster (yang masih belum bisa digabungkan dalam satu kandang). Hamster sangat mengandalkan idera penciuman untuk mengenali sesuatu, termasuk mengenali siapa kawan dan siapa lawan. Makanya untuk memperkenalkan bau hamster x dan bau hamster y, tempatkan mereka ditempat isolasi secara bergantian.
Perlengakapan lain yang dibutuhkan yaitu sekat, baik itu dari katu, kawat , maupun kaca. Letakan hamster satu tempat dengan dipisahkan sekat. Bertujuan agar hamster bisa saling berinteraksi langsung, tanpa memberikan kesempatan untuk kontak fisik lebih jauh (berantem).
4.      Waktu dan kesabaran
Jarang ada hamster yang langsung rukun ketika perkenalan pertama kali. Beberapa ada yang membutuhkan waktu cukup lama, tergantung dari karakter masing – masing hamster.
Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah meninggalkan hamster dalam satu kandang saat masih proses perkenalan pertama kali atau sekiranya saat hamter masih suka menyerang satu sama lain. Amati bagaimana interaksi hamster dengan cermat, dan ketika mereka akur baru kalian boleh melepaskan pengamatan kalian.

Nah selanjutnya adalah cara – cara yang aku pake untuk menggabungkan hamsterku biar mereka bisa kawin. Check it out!
1.      Bersihkan kandang hamster dan semua perlengkapan didalam kandangnya. Gunakan pewangi untuk menyamarkan bau hamster yang sebelumnya meninggali kandang tersebut. Setelah kandang bersih dan wangi, ambil hamaster dan taburkan bedak bayi keseluruh tubuh hamster terutama dibagian bawah setelah itu baru masukan hamster kembali kedalam kandang. Sebaiknya masukan jantan dulu, kemudian baru betina. Karena betina biasanya lebih agresif menyerang jika ada pengganggu didaerahnya. Maka dari itu kita buat seakan – akan betina ini adalah pendatang baru.
2.      Gabungkan hamter dalam satu kandang dengan sekat sebagai pemisah.
3.      Tidak disarankan, tapi boleh dicoba jika mau====> lap tubuh hamster dengan tisu yang sebelumnya dibasahi dengan pewangi (ex: kispray). INGAT! Hal ini dilkukan hanya jika cuaca hangat..
INGAT! Jika cuaca tidak memungkinkan, bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkan bulu
INGAT! Jangan masukan hamster kembalai kedalam kandang jika bulunya belum benar – benar kering
INGAT! Jangan menyemprot pewangi langsung ketubuh hamster, karena hamster tidak tahan dengan bulu yang basah. Jika ingin menggunkan cara ini cukup d oles2kan ringan tisu ke seluruh tubuh hamster.
4.      Hamster yang masih dalam kondisi wangi dapat dilepaskan , sehingga hamster dapat berinteraksi di tempat yang lebih luas.
Sekian tips dari saya. Semua tips yang saya tulis adalah pengalaman pribadi dan sudah terbukti.
Selamat mencoba^^/
Fighting!!
note: krn kurangnya ketersediaan kamera dengan pixel yg baik, maka foto d atas saya ambil dr web orang yg d tunjukan eyang Google.

1 komentar:

Translate